Mengenal Pankreatitis Penyebab dan Gejalanya

Pankreatitis adalah peradangan pankreas. Hal ini terjadi ketika ada sumbatan dalam aliran enzim pencernaan dan enzim ini mulai menyerang pankreas. Oleh karena itu, orang yang terkena mungkin merasa tidak nyaman di daerah perut.

Pankreatitis berkepanjangan dapat mengurangi fungsi pankreas, menyebabkan penurunan dalam kemampuannya untuk menghasilkan beberapa enzim pencernaan dan hormon secara alami. 

Hal ini mempengaruhi kinerja pankreas, menyebabkan malabsorpsi nutrisi dan sering mengakibatkan penyakit seperti diabetes.

Apakah Pankreas Itu?

Pankreas adalah kelenjar yang berada di dalam perut. Ini adalah organ vital yang terkait dengan produksi berbagai enzim dan hormon yang bertanggung jawab untuk kelancaran fungsi sistem pencernaan.

Enzim pencernaan dilepaskan ke duodenum, di mana mereka menargetkan protein dan lemak untuk penyerapan. Sel khusus di pankreas mengeluarkan hormon yang saling antagonis, yaitu, insulin dan glukagon, ke dalam aliran darah untuk mengatur kadar gula darah.



Insulin menyerap kelebihan glukosa dari aliran darah ketika kadar gula darah tinggi, sedangkan glukagon melepaskan glukosa yang disimpan ke dalam aliran darah sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Jenis Pankreatitis

Pankreatitis meliputi pankreatitis akut dan kronis. Pankreatitis akut adalah suatu kondisi dimana peradangan berlangsung dalam waktu yang singkat (kebanyakan kasus pankreatitis akut meningkat dalam waktu seminggu dan pasien dapat pulang setelah 5-10 hari rawat inap).

Sedangkan pankreatitis kronis ditandai dengan lebih lama jangka panjang selama bertahun-tahun peradangan dan efek terkait.

Pankreatitis Akut

Pankreatitis akut adalah peradangan mendadak pankreas, dengan diikuti rasa sakit ringan sampai sedang. Melalui pengobatan yang tepat, sebagian besar pasien dapat sembuh sepenuhnya.

Tetapi dalam kasus yang parah, pankreatitis akut dapat mengakibatkan infeksi, perdarahan ke dalam kelenjar, pembentukan kista, dan kerusakan jaringan yang parah. Bentuk parah dari pankreatitis diikuti dengan kerusakan organ vital lainnya termasuk paru, ginjal, dan jantung.

Penyebab Pankreatitis Akut

Batu empedu: penyebab paling umum dari pankreatitis akut, batu empedu dapat menghalangi jalur enzim pencernaan dan hormon, dan obstruksi ini dapat menyebabkan peradangan pankreas.

Lemak berlebihan dalam darah yang disebut trigliserida: peningkatan kadar trigliserida yang disebabkan radikal bebas, dapat meningkatkan kerusakan sel pankreas.

Penyalahgunaan alkohol: asupan alkohol yang berlebihan berpotensi sebagai ancaman terhadap pankreas.

Pankreatitis autoimun: ini adalah jenis pankreatitis langka yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang pankreas.

Cedera: jika terjadi cidera pada perut dan mengakibatkan cidera pada pankreas, ini juga dapat menyebabkan pankreas mengalami peradangan.

Cystic fibrosis: cystic fibrosis adalah penyakit genetik kronis yang ditandai dengan produksi lendir yang berlebihan dan lengket yang membatasi lorong paru dan sistem pencernaan.

Obat-obatan tertentu yang mengandung estrogen, kortikosteroid, dan antibiotik tertentu memainkan peran penting dalam memicu pankreatitis, baik sebagai efek beracun langsung atau sebagai efek samping.

Virus reinfeksi gondok di masa dewasa adalah penyebab langka dan kemungkinan pankreatitis.

Gejala Pankreatitis Akut

ü  Mual
ü  Muntah
ü  Perut bengkak dan perut lunak setelah makan
ü  Nyeri di perut bagian atas
ü  Sakit perut yang menyebar ke punggung Anda
ü  Demam
ü  Denyut nadi cepat

Pankreatitis Kronis

Pankreatitis kronis ditimbulkan oleh kejadian peradangan pankreas yang berulang disertai dengan rasa sakit ringan sampai sedang atau sakit parah di daerah perut. Pankreatitis kronis mengganggu sistem pencernaan individu, mempengaruhi penyerapan nutrisi dalam usus kecil.

Meskipun makan sehat, seseorang yang menderita pankreatitis kronis sering mengalami penurunan berat badan, karena ketidakmampuan sistem pencernaan untuk menyerap nutrisi. Pankreatitis akut yang sering muncul dapat berubah menjadi kronis.

Pankreatitis kronis dapat menyebabkan jaringan parut dan dapat membuat pankreas tidak bisa menjalan kan fungsinya untuk seumur hidup.

Gejala Pankreatitis Kronis

ü  Sakit perut yang berulang atau bahkan konstan, yang mungkin parah
ü  Tidak ada peningkakatan berat badan karena penyerapan nutrisi tidak berjalan dengan baik pada tubuh
ü  Tinja berlemak, berbau busuk (steatorrhea)
ü  Diabetes, sebagai akibat dari hilangnya fungsi dari sel yang memproduksi insulin di pankreas

Penyebab Pankreatitis Kronis

ü  Konsumsi alkohol adalah berpotensu meningkatkan resiko sekitar 70 persen kasus.
ü  Hipertrigliseridemia: peningkatan kadar trigliserida.
ü  Penyempitan saluran pankreas; penyumbatan saluran pankreas karena batu empedu atau batuan pankreas, yang menghambat enzim pencernaan.
ü  Cystic fibrosis, ditandai dengan produksi berlebih pada lendir dan lengket, mengganggu cairan di paru dan sistem pencernaan.
ü  Herediter: familial pankreatitis yang disebabkan dari gaktok kturunan.
ü  Hiperkalsemia dapat menimbulkan cedera pada pankreas melalui akumulasi sekresi protein.
ü  Pankreatitis dapat diidentifikasi dengan beberapa penyakit autoimun, yaitu, penyakit radang usus, rheumatoid arthritis, primary empedu cirrhosis, sjogren sindrom, fibrosis retroperitoneal, Sarkoidosis, dan sklerosing kambuh.

Di Mana Rasa Sakit Dari Pankreatitis Felt?

Baik pankreatitis akut dan kronis ditandai dengan rasa sakit di daerah perut bagian atas, biasanya di bawah tulang rusuk. Sakit perut bagian atas kiri tengah adalah gejala umum yang dari bentuk didiagnosis pankreatitis. Durasi rasa sakit berkisar dari beberapa menit sampai beberapa jam di peregangan.

ü  Nyeri ringan pada awalnya yang semakin memburuk setelah makan atau minum.
ü  Rasa sakit di punggung saat berbaring dan dapat dikurangi dengan bersandar dalam posisi duduk
ü  Sakit yang tidak sembuh dan parah yang berlangsung selama beberapa hari
ü  Rasa sakit yang menyebar ke daerah punggung

Intensitas rasa sakit dikaitkan dengan penyebab pankreatitis. Sebuah rasa sakit menusuk mendadak yang terasa hingga punggung adalah gejala dari batu empedu dalam pankreatitis, sedangkan sedikit rasa sakit adalah indikasi dari alkohol yang diinduksi pankreatitis.

0 Response to "Mengenal Pankreatitis Penyebab dan Gejalanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel