Inilah Buah Ampuh Penurun Kolesterol Secara Cepat - INFO SEHAT


Bila anda memiliki kolesterol tinggi yang tidak dikontrol dengan baik, maka dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya bagi tubuh seperti hipertensi, serangan jantung dan stroke.

Salah satu hal penting yang harus dilakukan  selain olah raga dan mengkonsumsi obat penurun kolesterol adalah dengan mengatur asupan makanan sehat sehari hari.

Perbanyak konsumsi buah - buahan dan sayuran terbukti efektif membantu penurunan kadar kolesterol di dalam tubuh anda. Banyak buah untuk penurun kolesterol tinggi yang bisa dikonsumsi. Selain itu juga harus mengurangi makanan tinggi lemak jenuh seperti gorengan, daging dan produk olahan susu.

Kolesterol merupakan zat lilin yang ditemukan dalam lemak (lipid) dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk terus membangun sel-sel sehat, namun bila kadar kolesterol di dalam darah tinggi tentunya berbahaya bagi tubuh.


Bila seseorang memiliki kolesterol tinggi, maka lemak akan menempel pada pembuluh darah. Akibatnya lemak tersebut lama kelamaan akan mengendap dan mengeras di pembuluh darah. Hal ini akan menyebabkan pembuluh darah menjadi sempit dan alirah darah akan menjadi terganggu. 

Bila Kolesterol tinggi ini dibiarkan dan tidak dikontrol dengan baik, maka dapat menyebabkan berbagai penyakit diantaranya tekanan darah tinggi, serangan jantung dan stroke yang bisa terjadi sewaktu-waktu. 

Konsumsi buah buahan secara rutin ternyata sangat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol. Hal ini dikarenakan buah-buahan banyak mengandung serat larut air yang dapat mengikat asam empedu, sehingga penyerapan lemak dan kolesterol di dalam darah menjadi menurun atau berkurang. 

TONTON VIDEONYA DISINI

Selain itu, buah ternyata juga banyak mengandung senyawa-senyawa kimia yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik HDL di dalam tubuh anda. Lantas apa buah penurun kolesterol yang harus dikonsumsi secara rutin ?

1. Buah Alpukat

Buah alpukat memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menurunkan kolesterol dan mengontrol kadar gula darah. Mengkonsumsi rutin buah alpukat terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kadar kolesterol baik HDL.

Dalam setiap buah alpukat terkandung 22,5 gram lemak, dan sebagian besarnya (sekitar 2/3) adalah lemak tak jenuh, yang merupakan lemak sehat yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat LDL dan menaikkan kolesterol baik HDL. Selain itu Alpukat juga mengandung banyak zat nutrisi penting seperti Vitamin A,B,E, Asam folat, potasium dan kaya serat makanan.

2. Buah Apel

Selain Alpukat, buah sebagai penurun kolesterol yang baik adalah apel. Apel mengandung pektin dan polifenol yang berkhasiat untuk meningkatkan metabolisme lemak dan mengurangi proses peradangan. 

Polifenol yang terkandung di dalam apel merupakan suatu antioksidan yang berperan dalam menurnknan resiko pengendapan kolesterol dan penyempitan pembuluh darah. Rutin mengkosumsi 2 buah apel sehari dapat menurunkan kolesterol di dalam tubuh.


3. Buah Tomat

Buah tomat juga dapat berkhasiat untuk menurunkan kolesterol tinggi di dalam tubuh. Tomat mengandung Likopen, pemeberi warna merah pada tomat matang. Likopen merupakan suatu antioksidan penting yang berperan dalam menurunkan kadar kolesterol karena memiliki sifat mirip obat kolesterol golongan statin. 

Untuk mengkonsumsinya sebaiknya tomat matang dimasak terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kandungan likopen yang didapat lebih banyak bila dibandingkan dengan tomat segar yang tidak dimasak. Konsumsi tomat bisa dalam bentuk jus atau dibuat pasta. 

4. Buah Anggur

Buah anggur, merupakan buah yang juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh. Buah anggur kaya akan serat dan mengandung berbagai jenis zat flavonoid dan zat catechin yang memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol jahat
LDL sekaligus meningkatkan kolesterol baik HDL.

Serat yang dikandung dalam buah anggur merupakan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di dalam usus halus. Untuk memperoleh manfaat yang maksimal dalam menurunkan kolesterol tinggi, sebaiknya buah anggur rutin dikonsumsi dalam bentuk jus anggur sebanyak 2 gelas setiap hari.

5. Buah Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol secara efektif. Kandungan limonin glucosida dalam jeruk nipis berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat LDL di dalam tubuh.

Untuk menurunkan kolesterol, cara mengkonsumsi jeruk nipis cukup mudah. Potong jeruk nipis yang sudah dicuci menjadi beberpa bagian, masukkan ke dalam gelas. kemudian tuangkan air panas ke dalam gelas hingga penuh. Tunggu agak dingin dan minuman jeruk nipis siap diminum. Lakukan hal ini 2 kali sehari secara rutin untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi anda.

0 Response to "Inilah Buah Ampuh Penurun Kolesterol Secara Cepat - INFO SEHAT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel