Inilah Makanan Sehat Penurun Kolesterol Jahat LDL yang terbukti Efektif

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan secara alami dalam darah. Diproduksi di hati, tetapi juga ditemukan dalam makanan seperti daging merah, tinggi lemak keju, mentega dan telur. Dalam kadar yang normal, kolesterol sangat penting untuk menjaga kesehatan  dan hanya menjadi masalah ketika tingkat kolesterol dalam darah Anda terlalu tinggi. Kolesterol memiliki banyak fungsi, diantaranya untuk mencerna makanan, memproduksi hormon,dan menghasilkan vitamin D. 



KOLESTEROL BAIK & KOLESTEROL JAHAT


Kolesterol diangkut di sekitar darah dalam 'kendaraan' disebut lipoprotein. Ada dua jenis lipoprotein, yaitu :

  1. LDL (low density lipoprotein) adalah jenis kolesterol jahat. Jika kadar LDL tinggi di dalam tubuh anda, maka ini akan menyebabkan penumpukan kolesterol di arteri sehingga menyebabkan resiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh, seperti hipertensi dan stroke
  2. HDL (high density lipoprotein) adalah jenis kolesterol baik. Kolesterol HDL ini akan membawa kolesterol lain dibagian tubuh Anda kembali ke hati Anda. Hati Anda kemudian menghapus kolesterol ini dari tubuh Anda.

Kadar Kolesterol tinggi didalam darah dapat menjadi faktor risiko terjadinya penyakit jantung koroner dan penyebab serangan jantung. Penumpukan kolesterol adalah bagian dari proses penyempitan arteri, yang disebut dengan aterosklerosis, di mana akan terbentuk plak di arteri yang dapat menyebabkan pembatasan aliran darah. 

Pengaturan pola makan yang sehat merupakan salah satu kunci utama untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh agar senantiasa normal. Berikut beberapa makanan yang terbukti secara efektif membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh anda.

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun mengandung asam lemak jenuh tunggal dan kaya vitamin E. Kedua nutrisi ini dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat LDL dan menaikkan kadar kolesterol baik HDL. Untuk menurunkan kolesterol anda bisa mengkonsumsi rutin 1 sendok makan zaitun setiap hari, atau mencampurkan 2 sendok makan minyak zaitun pada salad. Bisa juga mengkonsumsi minyak zaitun 2 kapsul setiap hari, karena minyak zaitun sekarang banyak yang dijual dalam bentuk kapsul cair.



Buah Alpukat

Buah Alpukat merupakan salah satu buah buahan yang terbukti efektif untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan buah alpukat banyak mengandung lemak tidak jenuh yang memiliki peran dalam menurunkan kadar kolesterol jahat LDL di dalam darah. 

Sehingga hal ini dapat menurunkan resiko penurunan terjadinya penumpukan kolesterol di pembuluh darah. Untuk mengkonsumsinya, buah alpukat dapat dikonsumsi langsung atau dapat juga dibuat jus. 

Ikan Salmon

Sama seperti buah alpukat, ikan salmon mengandung lemak tidak jenuh yang berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat LDL di dalam darah. Dalam 90 gram ikan salmon terkandung 23 gram protein dan 6 gram lemak, yang sebagian besarnya adalah merupakan lemak sehat, lemak tidak jenuh. 

Selain kandungan protein dan lemak jenuh, ternyata ikan salmon juga banyak mengandung omega3, vitamin D, niasin dan selenium. Ikan salmon juga mengandung banyak protein sehingga bisa dijadikan pilihan sehat untuk dikonsumsi yang bisa menggantikan protein hewani yang lain yang memiliki kandungan kolesterol yang lebih tinggi. 

0 Response to "Inilah Makanan Sehat Penurun Kolesterol Jahat LDL yang terbukti Efektif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel