Mengenal Gonore : Penyebab dan Gejalanya Gonore Pada Pria dan Wanita - Info Sehat


Gonore adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri yang tersebar melalui kontak dengan penis, vagina, anus atau mulut dari orang yang terinfeksi. Selama proses persalinan, seorang ibu yang terinfeksi juga dapat menularkan gonore terhadap janin yang dikandungnya.

Gonore diisebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae, ia merupakan penyakit menular seksual yang dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius jika tidak diobati.

Bakteri menginfeksi saluran kencing pada pria dan wanita dan selaput lendir dari saluran reproduksi pada wanita. Ini termasuk tuba fallopi, vagina, rahim dan leher rahim. Demikian pula, infeksi mungkin dapat terjadi di dubur, tenggorokan, mata dan mulut.

Gonore dapat juga menyebar melalui aliran darah, yang tentunya hal ini dapat menyebabkan masalah tambahan. Karena begitu banyak orang tidak mengalami gejala, penularan penyakit gonore dari pasangan yang tidak terinfeksi sangat umum terjadi. Kontak oral, termasuk mencium dan oral seks, hubungan seksual melalui vagina dan anal seks semuanya dapat menjadi media penularan penyakit Gonore.

Selama proses persalinan, seorang ibu dapat menularkan penyakit gonore ke bayinya. Ini paling sering mengakibatkan infeksi di mata. Namun, infeksi lain dapat berkembang jika tidak diobati. Wanita hamil harus diuji, bahkan jika mereka tidak memiliki gejala gonore dan tidak memiliki faktor-faktor risiko yang tinggi. Gonore tidak memperlihatkan gejala selama bertahun-tahun.

Gonore adalah salah satu penyakit menular seksual yang dapat disembuhkan, meskipun galur baru bakteri yang menyebabkan itu muncul, menunjukkan tanda-tanda mereka menjadi resisten terhadap antibiotik. Peneliti prihatin bahwa dengan terjadinya evolusi secara terus menerus dari bakteri ini, dan sifat global gonore, ini memungkinkan bahwa gonorea akan memperburuk dan dapat menyebabkan komplikasi berat.

Gejala Gonore

Dalam sebagian besar kasus, gonore menunjukan tidak ada gejala. Dan, tidak seperti penyakit menular seksual lainnya, jika gejala muncul, mereka biasanya lebih luas, mempengaruhi beberapa daerah tubuh. Gejala gonore hadir berbeda antara pada pria dan wanita karena perbedaan anatomi tubuhnya.

Para peneliti menunjukkan bahwa jika gejala gonore akan muncul, mereka akan terasa dalam pertama 10-14 hari setelah terinfeksi. Untuk pria maupun wanita, tanda pertama mungkin perubahan dalam frekuensi buang air kecil, sakit atau seperti terbakar selama buang air kecil, dan urine berwarna seperti awan.

Tanda dan Gejala Gonore pada Pria :

Tanda dan gejala untuk pria di saluran reproduksi meliputi:

  • ·         Kencing menyakitkan
  • ·         Nanah-seperti keluarnya dari ujung penis
  • ·         Pembengkakan dan/atau sakit di satu testis


Tanda dan Gejala Gonore pada Wanita :

Tanda dan gejala perempuan dalam saluran reproduksi meliputi:

  • ·         Kencing menyakitkan
  • ·         Vagina pendarahan setelah hubungan seksual
  • ·         Vagina perdarahan antara periode
  • ·         Nyeri saat senggama
  • ·         Perut atau panggul nyeri

·        
Ketika gonore menginfeksi bagian lain dari tubuh, baik pria maupun wanita mengalami gejala yang sama.  Gejala tersebut diantaranya Kepekaan terhadap cahaya, sakit mata, Sakit tenggorokan dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher yang umum. 

Selain itu gejala dan tanda lainnya adalah Gatal-gatal, keluar nanah dalam darah, dan nyeri selama buang air besar. Yang paling Sering diabaikan adalah gonore dapat menginfeksi sendi. Kondisi ini disebut septic arthritis. Sendi dapat menjadi hangat, bengkak dan sangat menyakitkan.

0 Response to "Mengenal Gonore : Penyebab dan Gejalanya Gonore Pada Pria dan Wanita - Info Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel