7 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Protein - Info Sehat

Protein adalah makronutrien yang penting untuk membangun massa otot. Ini biasanya ditemukan pada produk hewani, meskipun juga ada di sumber lain, seperti kacang dan kacang-kacangan. 

Sudah diketahui bahwa protein memainkan peran penting dalam fungsi tubuh kita. Dan jika Anda memiliki kekurangan protein, tubuh Anda akan menderita. Sebuah penelitian menyebutkan sekitar 1 miliar orang di seluruh dunia kekurangan protein. 



Terutama di Afrika Tengah dan Asia Selatan: hingga 30% anak-anak mendapatkan terlalu sedikit protein. Bagaimana Anda tahu jika Anda memiliki kekurangan protein? 

Dalam tulisan ini, kami akan mengatakan tentang tanda dan gejala yang berkaitan dengan kekurangan protein sehingga Anda akan tahu ketika ada masalah. 

1. Brain Fog 

Sangat penting untuk mendapatkan asupan protein yang tepat untuk mendukung fungsi otak yang sehat. Jika Anda mengalami kurangnya motivasi, memori yang buruk atau masalah dengan mempelajari sesuatu yang baru, itu adalah tanda bahwa Anda kekurangan protein. Sebuah penelitian mengatakan bahwa dopamin, epinefrin, dan serotonin adalah neurotransmiter yang diperlukan tubuh Anda untuk fokus. 

2. Kurang tidur 

Jika Anda sulit tidur atau menderita kurang tidur, kemungkinan terkait dengan kekurangan protein. Protein dari makanan yang kita makan bertindak sebagai blok bangunan untuk triptofan, asam amino yang menyebabkan kantuk. Ini menunjukkan bahwa kita harus makan makanan kaya protein menjelang tidur untuk mendapatkan tidur yang lebih baik. 

3. Peningkatan risiko patah tulang 

Sama seperti otot, asupan protein yang rendah dapat memengaruhi tulang juga. Tidak memiliki protein yang cukup menyebabkan melemahnya tulang, sehingga meningkatkan risiko patah tulang. Ini sebagian besar karena "Protein diperlukan untuk penyerapan kalsium dan membantu metabolisme tulang,"

4. Hati berlemak (Fatty Liver) 

Hati berlemak adalah salah satu gejala defisiensi protein yang paling umum dan jika tidak ditangani, dapat menyebabkan penyakit hati berlemak, menyebabkan peradangan, jaringan parut hati, dan gagal hati potensial. Ini adalah kondisi umum pada mereka yang mengonsumsi banyak alkohol, orang gemuk, dan bahkan anak-anak.

5. Rambut rontok 

Rambut kita terdiri dari 90% protein yang dikenal sebagai keratin. Jika Anda tidak mendapat cukup nutrisi, rambut Anda akan tipis dan pudar warnanya. Ini terjadi karena tubuh berhenti menggunakan protein untuk hal-hal yang tidak penting seperti pertumbuhan rambut dalam upaya melestarikannya.

6. Masalah kulit dan kuku 

Kekurangan protein dapat menyebabkan kuku Anda lemah, rapuh dan dalam beberapa kasus, Anda akan mengamati garis putih dan bercak kecoklatan pada kuku. Kekurangan protein dapat mempengaruhi kulit juga, karena protein memungkinkan regenerasi sel, menghasilkan sel baru, dan menggantikan sel yang mati. Jika ini terjadi, Anda akan melihat kulit Anda terasa kering, bersisik dan pecah-pecah.

7 Hilangnya massa otot dan nyeri sendi 

Otot adalah sumber protein terbesar tubuh. Kelemahan otot, nyeri, dan kehilangan massa adalah tanda kekurangan protein. Sebuah penelitian mengatakan ini biasa ditemukan pada orang tua. Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot.

0 Response to "7 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Protein - Info Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel