Mengenal Diabetes Mellitus, Gejala dan Penyebabnya - Info Sehat

Diabetes mellitus mengacu pada sekelompok penyakit yang mempengaruhi bagaimana tubuh Anda menggunakan gula darah (glukosa). Glukosa sangat penting untuk kesehatan Anda karena merupakan sumber energi penting bagi sel-sel yang membentuk otot dan jaringan Anda. 

Ini juga sumber utama bahan bakar otak Anda. Penyebab diabetes yang mendasari bervariasi menurut jenisnya. Tapi, apa pun jenis diabetes yang Anda miliki, itu dapat menyebabkan kelebihan gula dalam darah Anda. 

Terlalu banyak gula dalam darah Anda dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Kondisi diabetes kronis termasuk diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. 



Kondisi diabetes yang berpotensi reversibel meliputi pradiabetes - ketika kadar gula darah Anda lebih tinggi dari biasanya, tetapi tidak cukup tinggi untuk diklasifikasikan sebagai diabetes - dan diabetes gestasional, yang terjadi selama kehamilan tetapi mungkin sembuh setelah bayi dilahirkan. (Baca Juga : Jus Terbaik Untuk Penderita Diabetes Mellitus)

Gejala Diabetes Mellitus 

Gejala diabetes bervariasi tergantung pada seberapa banyak gula darah Anda meningkat. Beberapa orang, terutama mereka yang memiliki pradiabetes atau diabetes tipe 2, mungkin tidak mengalami gejala pada awalnya. 

Pada diabetes tipe 1, gejala cenderung datang dengan cepat dan menjadi lebih parah. Beberapa tanda dan gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2 adalah: 
  • Selalu Merasa Haus
  • Sering buang air kecil 
  • Sering Merasa Lapar 
  • Penurunan berat badan tanpa alasan 
  • Adanya keton dalam urin (keton merupakan produk sampingan dari kerusakan otot dan lemak yang terjadi ketika tidak tersedia cukup insulin) 
  • Kelelahan (Fatique)
  • Sifat lekas marah 
  • Penglihatan kabur 
  • Bila mengalami Luka penyembuhan lambat I
  • Lebih sering terkena infeksi, seperti gusi atau infeksi kulit dan infeksi vagina 


Diabetes tipe 1 dapat berkembang pada usia berapapun, meskipun sering muncul selama masa kanak-kanak atau remaja. Diabetes tipe 2, tipe yang lebih umum, dapat berkembang pada usia berapapun, meskipun lebih sering terjadi pada orang yang lebih tua dari 40 tahun. 

Kapan harus ke dokter 

Jika Anda mencurigai Anda atau anak Anda mungkin menderita diabetes. Jika Anda melihat kemungkinan gejala diabetes, hubungi dokter Anda. Semakin dini kondisi didiagnosis, semakin cepat perawatan dapat dimulai. 


Jika Anda sudah didiagnosis menderita diabetes. Setelah Anda menerima diagnosis, Anda perlu melakukan tindak lanjut medis sampai kadar gula darah Anda stabil. 

Penyebab Diabetes Mellitus 

Untuk memahami diabetes, pertama Anda harus memahami bagaimana glukosa biasanya diproses di dalam tubuh. 

Cara kerja insulin 

Insulin adalah hormon yang berasal dari kelenjar yang terletak di belakang dan di bawah perut (pankreas). 

Pankreas mengeluarkan insulin ke dalam aliran darah. Insulin beredar, memungkinkan gula masuk ke sel-sel Anda. Insulin menurunkan jumlah gula dalam aliran darah Anda. Saat kadar gula darah Anda turun, begitu juga sekresi insulin dari pankreas Anda. 

Peran glukosa Glukosa - gula - adalah sumber energi untuk sel-sel yang membentuk otot dan jaringan lain. Glukosa berasal dari dua sumber utama: makanan dan hati Anda. Gula diserap ke dalam aliran darah, di mana ia memasuki sel dengan bantuan insulin. 

Hati Anda menyimpan dan membuat glukosa. Ketika kadar glukosa Anda rendah, seperti ketika Anda belum makan beberapa saat, hati memecah glikogen yang tersimpan menjadi glukosa untuk menjaga kadar glukosa Anda dalam kisaran normal. 



Penyebab diabetes tipe 1 

Penyebab pasti diabetes tipe 1 tidak diketahui. Apa yang diketahui adalah bahwa sistem kekebalan tubuh Anda - yang biasanya melawan bakteri atau virus berbahaya - menyerang dan menghancurkan sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas. 

Ini membuat Anda sedikit atau tanpa insulin. Alih-alih diangkut ke sel-sel Anda, gula menumpuk di aliran darah Anda. Tipe 1 diduga disebabkan oleh kombinasi kerentanan genetik dan faktor lingkungan, meskipun faktanya faktor-faktor tersebut masih belum jelas. Berat badan tidak diyakini sebagai faktor dalam diabetes tipe 1. 

Penyebab prediabetes dan diabetes tipe 2 

Dalam prediabetes - yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2 - dan pada diabetes tipe 2, sel-sel Anda menjadi resisten terhadap aksi insulin, dan pankreas Anda tidak dapat membuat insulin yang cukup untuk mengatasi resistensi ini. 

Alih-alih pindah ke sel Anda di tempat yang dibutuhkan untuk energi, gula menumpuk di aliran darah Anda. Persis mengapa ini terjadi tidak pasti, meskipun diyakini bahwa faktor genetik dan lingkungan memainkan peran dalam pengembangan diabetes tipe 2 juga. 

Kelebihan berat badan sangat terkait dengan perkembangan diabetes tipe 2, tetapi tidak semua orang dengan tipe 2 kelebihan berat badan. 

Penyebab diabetes gestasional 

Selama kehamilan, plasenta menghasilkan hormon untuk mempertahankan kehamilan Anda. Hormon-hormon ini membuat sel-sel Anda lebih tahan terhadap insulin. Biasanya, pankreas Anda merespons dengan memproduksi cukup insulin ekstra untuk mengatasi resistensi ini. Tetapi terkadang pankreas Anda tidak bisa mengikuti. 

Ketika ini terjadi, terlalu sedikit glukosa masuk ke sel-sel Anda dan terlalu banyak tinggal di darah Anda, mengakibatkan diabetes gestasional.

0 Response to "Mengenal Diabetes Mellitus, Gejala dan Penyebabnya - Info Sehat "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel