Inilah Gejala Awal Diabetes Mellitus Yang Perlu Anda Ketahui

Bagaimana Anda bisa tahu apakah Anda menderita penyakit kencing manis atau diabetes? Sebagian besar gejala awal dari diabetes berasal dari kadar gula dalam darah anda yang lebih tinggi dari normal. 

Tanda-tanda peringatan kalau anda menderita diabetes bisa begitu ringan sehingga Anda tidak memperhatikannya. Hal ini terutama berlaku untuk diabetes tipe 2. 

Beberapa orang tidak tahu kalau mereka memiliki penyakit diabetes sampai mereka mendapat masalah dari kerusakan jangka panjang yang disebabkan oleh penyakit diabetes ini. Pada diabetes tipe 1, gejala biasanya terjadi dengan cepat, dalam hitungan hari atau beberapa minggu. Kondisi Mereka yang terkena diabetes tipe 1 ini jauh lebih parah juga. 



Gejala Umum Kedua jenis diabetes, baik diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 memiliki beberapa tanda peringatan yang sama, meliputi : 

1. Selalu terasa lapar & mudah merasa lelah. 

Tubuh Anda mengubah makanan yang Anda makan menjadi glukosa yang digunakan sel-sel Anda untuk energi. Tetapi sel Anda membutuhkan insulin untuk membawa glukosa masuk. Jika tubuh Anda tidak menghasilkan cukup atau insulin, atau jika sel Anda menolak insulin yang dibuat tubuh Anda, glukosa tidak dapat masuk ke dalamnya dan Anda tidak memiliki energi. Ini bisa membuat Anda lebih lapar dan lelah dari biasanya. 

2. Lebih Sering Kencing dan Merasa Haus. 

Rata-rata orang biasanya harus buang air kecil antara empat dan tujuh kali dalam 24 jam, tetapi orang dengan diabetes bisa lebih banyak. Mengapa? Biasanya tubuh Anda menyerap glukosa ketika melewati ginjal Anda. 

Tetapi ketika diabetes mendorong gula darah Anda naik, ginjal Anda mungkin tidak bisa membawanya kembali. Ini menyebabkan tubuh untuk menghasilkan lebih banyak urin, dan itu mengambil cairan. 

Anda harus lebih sering buang air kecil. Karena kencing begitu banyak, maka bisa menjadi sangat haus. Ketika Anda minum lebih banyak, Anda juga akan kencing lebih banyak.

3. Mulut kering dan kulit gatal. 

Karena tubuh Anda menggunakan cairan untuk membuat pipis, ada sedikit kelembapan untuk hal-hal lain. 

Anda bisa mengalami dehidrasi, dan mulut Anda terasa kering. Kulit kering bisa membuat Anda gatal.

4. Penglihatan kabur. 


Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan lensa mata membengkak hingga mengubah kemampuan kita untuk melihat. Hal ini mengakibatkan penglihatan anda menjadi kabur. Untuk memperbaikinya, gula darah harus kembali ke kisaran normal. Misalnya, antara 70 mg/dL sampai 130 mg/dL sebelum makan, dan kurang dari 180 mg/dL selama satu atau dua jam sesudah makan. 

Gejala Diabetes Tipe 2 Lainnya

Ini cenderung muncul setelah glukosa Anda sudah tinggi untuk waktu yang lama. 

1. Mudah terinfeksi Jamur. 

Baik pria maupun wanita penderita diabetes bisa dengan mudah terserang infeksi jamur. Jamur menyukai gula dan cepart berkembang bila mendapat gula tinggi. Infeksi jamur ini bisa tumbuh di kulit lembab yang hangat dan lembab, termasuk: 
  • Antara jari tangan dan kaki 
  • Di bawah payudara 
  • Di dalam atau di sekitar organ seks 
2. Mudah Luka atau Bila luka penyembuhan lambat. 

Seiring waktu, gula darah tinggi dapat mempengaruhi aliran darah Anda dan menyebabkan kerusakan saraf yang menyulitkan tubuh Anda untuk menyembuhkan luka.

Kurangnya sirkulasi darah di dalam kaki akibat tersumbatnya arteri-arteri yang disebabkan oleh penyakit arteri perifer, menyebabkan proses penyembuhan luka yang buruk. 

Luka menjadi sukar sembuh, oksigen dan sel darah putih sulit mencapai jaringan, imunitas tubuh menurun, dan terjadi penurunan fungsi sel darah putih dalam melawan kuman yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, terjadi infeksi pada luka yang sukar sembuh

3. Rasa sakit atau mati rasa di kaki Anda. 

Ini terjadi karena hasil lain dari kerusakan saraf. Kondisi ini disebabkan oleh terganggunya suplai darah akibat penebalan atau kekakuan dinding pembuluh darah (mikroangiopati). Komplikasi pada penderita diabetes umumnya dialami bila kadar gula darahnya tidak terkontrol. 



Gejala Diabetes Tipe 1 Lainnya 

1. Penurunan berat badan secara tiba-tiba tanpa direncanakan. 

Jika tubuh Anda tidak bisa mendapatkan energi dari makanan Anda, itu akan mulai membakar otot dan lemak sebagai gantinya. Anda dapat menurunkan berat badan meskipun Anda belum mengubah cara Anda makan. 

2. Mual dan muntah. 

Ketoasidosis diabetik adalah sebuah komplikasi diabetes mematikan yang disebabkan oleh tingginya produksi asam darah tubuh yang disebut keton. Ketika kekurangan insulin, tubuh tidak bisa mengolah gula darah (glukosa). 

Sebagai pengganti glukosa, tubuh menggunakan lemak. Hasil proses tersebut menghasilkan senyawa bersifat asam bernama keton dengan jumlah cukup banyak, yang berbahaya bagi tubuh. Keton ini bisa membuat Anda merasa mual. 

Kapan Harus Menghubungi Dokter Anda 

Jika Anda berusia lebih dari 45 tahun atau memiliki risiko lain untuk diabetes, penting untuk dilakukan pemeriksaan. Ketika Anda melihat kondisi ini lebih awal, Anda dapat menghindari kerusakan saraf, gangguan jantung, dan komplikasi lainnya. 

Sebagai umum, hubungi dokter Anda jika Anda: 
  • Merasa sakit perut, lemah, dan sangat haus 
  • Sering kencing 
  • Memiliki sakit perut yang buruk 
  • Apakah bernapas lebih dalam dan lebih cepat dari biasanya ·
  • Memiliki bau manis yang berbau seperti penghapus cat kuku. (Ini adalah tanda keton yang sangat tinggi.)

0 Response to "Inilah Gejala Awal Diabetes Mellitus Yang Perlu Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel