Penyakit Asam Urat : Gejala, Penyebab dan Pencegahan Penyakit Asam Urat

Gout atau disebut juga pirai atau asam urat tinggi adalah bentuk arthritis yang umum dan kompleks yang dapat menyerang siapa saja. 

Ini ditandai dengan serangan nyeri yang hebat secara tiba-tiba, pembengkakan, kemerahan dan nyeri di persendian, seringkali sendi di pangkal jempol kaki. Serangan asam urat dapat terjadi tiba-tiba, sering membangunkan Anda di tengah malam dengan sensasi jempol kaki Anda terbakar. 



Sendi yang terkena adalah panas, bengkak dan begitu lembut sehingga bahkan berat lembaran di atasnya mungkin tampak tak tertahankan. Gejala-gejala asam urat bisa datang dan pergi, tetapi ada cara-cara untuk mengelola gejala dan mencegahnya 

Tanda & Gejala Asam Urat Tinggi 

Tanda dan gejala asam urat hampir selalu muncul tiba-tiba, dan sering pada malam hari. Berikut tanda dan gejala dari asam urat : 

1. Nyeri sendi yang intens. 
Gout biasanya memengaruhi sendi besar jempol kaki Anda, tetapi bisa terjadi pada sendi mana saja. Sendi lain yang sering terkena termasuk pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan dan jari. Rasa sakit ini mungkin paling parah dalam empat sampai 12 jam pertama setelah dimulai. 

2. Ketidaknyamanan yang berkepanjangan. 
Setelah rasa sakit yang paling parah reda, beberapa ketidaknyamanan sendi dapat berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa minggu. Serangan kemudian cenderung bertahan lebih lama dan mempengaruhi lebih banyak sendi. 

3. Peradangan dan kemerahan. 
Sendi atau sendi yang terkena menjadi bengkak, lembut, hangat dan merah. 

4. Ruang gerak terbatas. 
Saat gout berkembang, Anda mungkin tidak dapat menggerakkan sendi Anda secara normal. 

Kapan harus ke dokter 
Jika Anda mengalami rasa sakit yang tiba-tiba dan intens pada sendi, hubungi dokter Anda. Gout yang tidak diobati dapat menyebabkan sakit yang memburuk dan kerusakan sendi. Carilah perawatan medis segera jika Anda mengalami demam dan sendi panas dan meradang, yang dapat menjadi tanda infeksi. 

Penyebab Asam Urat Tinggi 

Gout terjadi ketika kristal urat menumpuk di sendi Anda, menyebabkan peradangan dan rasa sakit yang hebat dari serangan asam urat. Kristal urat dapat terbentuk ketika Anda memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam darah Anda. 

Tubuh Anda menghasilkan asam urat ketika memecah purin - zat yang ditemukan secara alami di tubuh Anda. Purin juga ditemukan pada makanan tertentu, seperti steak, daging organ dan makanan laut. 

Makanan lain juga mempromosikan kadar asam urat yang lebih tinggi, seperti minuman beralkohol, terutama bir, dan minuman yang dimaniskan dengan gula buah (fruktosa). Biasanya, asam urat larut dalam darah Anda dan melewati ginjal Anda ke dalam urin Anda. 

Tetapi kadang-kadang tubuh Anda memproduksi terlalu banyak asam urat atau ginjal Anda mengeluarkan terlalu sedikit asam urat. Ketika ini terjadi, asam urat dapat menumpuk, membentuk kristal urat yang tajam dan perlu diikat di jaringan sendi atau sekitarnya yang menyebabkan rasa sakit, peradangan dan pembengkakan. 

Faktor risiko Terjadinya Asam Urat Tinggi 

Anda lebih mungkin terkena asam urat jika Anda memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh Anda. Faktor-faktor yang meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh Anda meliputi: 

1. Diet. 
Makan makanan yang kaya daging dan makanan laut dan minum minuman manis dengan gula buah (fruktosa) meningkatkan kadar asam urat, yang meningkatkan risiko encok. Konsumsi alkohol, terutama bir, juga meningkatkan risiko encok. 

2. Obesitas / Kegemukan. 
Jika Anda kelebihan berat badan, tubuh Anda menghasilkan lebih banyak asam urat dan ginjal Anda memiliki waktu yang lebih sulit untuk menghilangkan asam urat. 

3. Kondisi medis. 
Penyakit dan kondisi tertentu meningkatkan risiko Anda terkena asam urat. Ini termasuk tekanan darah tinggi yang tidak diobati dan kondisi kronis seperti diabetes, sindrom metabolik, dan penyakit jantung dan ginjal. 

4. Penggunaan Obat-obatan tertentu. 
Penggunaan diuretik thiazide - umumnya digunakan untuk mengobati hipertensi - dan aspirin dosis rendah juga dapat meningkatkan kadar asam urat. 

5. Riwayat keluarga asam urat. 
Jika anggota keluarga Anda yang lain memiliki gout, Anda lebih mungkin mengembangkan penyakit ini. 

6. Usia dan jenis kelamin. 
Gout lebih sering terjadi pada pria, terutama karena wanita cenderung memiliki kadar asam urat yang lebih rendah. Setelah menopause, kadar asam urat wanita mendekati pria. Pria juga lebih mungkin mengembangkan gout sebelumnya - biasanya antara usia 30 dan 50 - sedangkan wanita umumnya mengembangkan tanda dan gejala setelah menopause. 

Komplikasi Gout
Orang dengan gout dapat mengalami kondisi yang lebih parah, seperti: 

1. Gout rekuren (Recurrent Gout)
Beberapa orang mungkin tidak pernah mengalami tanda dan gejala gout lagi. Orang lain mungkin mengalami asam urat beberapa kali setiap tahun. Obat-obatan dapat membantu mencegah serangan asam urat pada orang dengan gout rekuren. Jika tidak ditangani, asam urat dapat menyebabkan erosi dan kerusakan sendi. 

2. Gout lanjut (Advanced Gout)
Gout yang tidak diobati dapat menyebabkan endapan kristal urat terbentuk di bawah kulit pada nodul yang disebut tophi. 

Tophi dapat berkembang di beberapa area seperti jari, tangan, kaki, siku atau tendon Achilles sepanjang punggung pergelangan kaki Anda. Tophi biasanya tidak menyakitkan, tetapi mereka bisa menjadi bengkak dan lembut selama serangan gout. 

3. Batu ginjal. 
Kristal urat dapat terkumpul di saluran kemih orang dengan gout, menyebabkan batu ginjal. Obat-obatan dapat membantu mengurangi risiko batu ginjal. 

Pencegahan Gout / Asam Urat Tinggi 

Selama periode tanpa gejala, pedoman diet ini dapat membantu melindungi terhadap serangan gout di masa depan: 
1. Minum banyak cairan. 
Tetap terhidrasi dengan baik, termasuk banyak air. Batasi berapa banyak minuman manis yang Anda minum, terutama yang dimaniskan dengan sirup jagung fruktosa tinggi. 

2. Hindari alkohol. 
Hindari minuman Alkohol karena alkohol meningkatkan risiko gejala terjadinya asam urat, terutama pada pria. 

3. Pilih makanan protein dari produk susu rendah lemak. 
Produk susu rendah lemak sebenarnya memiliki efek perlindungan terhadap asam urat, jadi ini adalah sumber protein terbaik Anda. 

4. Batasi asupan daging, ikan, dan unggas
Sejumlah kecil mungkin dapat ditolerir, tetapi perhatikan jenis apa saja - dan seberapa banyak - tampaknya menimbulkan masalah bagi Anda. 

5. Pertahankan berat badan yang diinginkan. 
Pilih porsi yang memungkinkan Anda mempertahankan berat badan yang sehat. Menurunkan berat badan dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda. Tetapi hindari penurunan berat badan cepat atau cepat, karena hal itu dapat meningkatkan kadar asam urat untuk sementara.

0 Response to "Penyakit Asam Urat : Gejala, Penyebab dan Pencegahan Penyakit Asam Urat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel