Inilah MANFAAT SARAPAN yang Tidak Boleh Anda Lewatkan


Sarapan adalah waktu makan yang paling di butuhkan oleh tubuh kita setiap harinya. Ilustrasikan saja bila anda merupakan sebuah mobil yang telah di pakai semalaman. Pastinya tangki bahan bakar anda akan kosong bila tidak di isi kembali. Cara mengisi tangki bahan bakar kita adalah dengan melakukan sarapan.

Tidak hanya memberikan energy untuk beraktivitas di siang hari, sarapan juga memiliki banyak manfaat lain. Dengan menjalankan sarapan di pagi hari, dapat meningkatkan penyerapan vitamin dan mineral pada orang dewasa dan mengurangi lemak dan kolesterol pada makanan yang di konsumsi. Selain itu, sarapan juga dapat berguna untuk mengontrol berat badan agar tidak meningkat dengan cepat.



Dengan melakukan sarapan sehat di pagi hari secara teratur, juga dapat mendatangkan banyak manfaat baik bagi tubuh anda. Diantaranya :

Meningkatkan kemampuan otak

Sebuah penelitian menunjukan bahwa siswa yang melakukan sarapan memiliki hasil yang lebih baik dalam tes kemampuan mengingat. Ketika bangun pagi, hanya akan tersisa sedikit sumber energy berupa glukosa dan glikogen. Ketika anda tidak memiliki sumber energy yang cukup, anda akan merasa mudah lelah dan sulit untuk berkonsentrasi. Salah satu sumber energy yang sangat di butuhkan tubuh adalah karbohidrat yang banyak terkandung dalam nasi dan roti.

Membantu menjaga berat badan

Kalori dalam tubuh akan dibakar secara perlahan untuk menghemat energy  ketika tidak ada makanan dalam tubuh. Dengan menjalankan sarapan, dapat memicu system metabolism tubuh dan membuat pembakaran kalori lebih efisien sepanjang hari itu.

Untuk menghindari kadar gula darah melonjak secara tiba – tiba, anda di sarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti biji – bijian, roti, atau oatmeals pada waktu sarapan. Hal ini  dikarenakan dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks, akan memperhambat system pencernaan dan membuat energy yang kita dapatkan lebih stabil. Selain itu, dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks juga akan membuat kita kenyang lebih lama.

Melindungi tubuh dari penyakit

Kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh kita dapat meningkat bila kita tidak melakukan sarapan. Hal ini di buktikan dengan dilakukannya sebuah penelitian pada dua wanita sehat yang salah satunya rutin melakukan sarapan. Hasilnya, kadar kolesterol jahat yang ada pada wanita yang tidak melakukan sarapan lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang rutin mengkonsumsi semangkuk sereal berserat di pagi. Serat akan mengikat kolesterol jahat dan langsung membuangnya sebelum kolesterol mencapai pembuluh arteri.


Memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh

Ketika kita melewatkan sarapan, asupan nutrisi dan vitamin yang teserap kedalam tubuh akan berkurang. Hal ini dikarenakan sarapan dapat membantu proses penyerapan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Masih banyak manfaat lain yang bisa kalian dapatkan dengan melakukan sarapan seperti mencegah kambuhnya penyakit maag, mengurangi resiko stress, menambah asupan energy untuk beraktivitas disiang hari, dan menjaga koordinasi tubuh agar lebih baik. Selain itu, dengan melewatkan sarapan juga akan memberikan dampak buruk pada tubuh kita. Oleh karena itu, kita sangat di anjurkan untuk rutin melakukan sarapan setiap pagi.

Menu sarapan yang di pilih juga tidak boleh sembarangan. Menu sarapan sehat yang dianjurkan oleh para pakar adalah biji – bijian utuh berupa gandum, daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur, keju,susu rendah lemak, atau makanan lainnya yang banyak mengandung serat dan protein.

0 Response to "Inilah MANFAAT SARAPAN yang Tidak Boleh Anda Lewatkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel