Inilah Manfaat Cuka Apel Untuk Kulit dan Kecantikan Serta Cara Pemakaiannya

Cuka apel adalah salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan serta manfaat kecantikan. Meskipun mungkin baru bagi banyak orang, penggunaannya dapat ditelusuri kembali ke 400 SM. Hippocrates, Bapak Kedokteran, menggunakan Cuka apel untuk mengobati banyak pasiennya. 

Cuka apel kaya akan asam asetat, sitrat dan asam malat serta vitamin, enzim, garam mineral dan asam amino. Sebagai zat antibakteri, antiviral, anti-inflamasi dan antijamur, itu membantu mengobati flu biasa, nyeri otot, nyeri artritis, diabetes, kolesterol tinggi dan masalah berat badan. 

Manfaat Cuka Apel Untuk Kulit dan Kecantikan

Berikut adalah beberapa manfaat Cuka Apel untuk kulit dan kecantikan : 

1. Mencegah Jerawat dan Jerawat 

Cuka apel memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang dapat digunakan untuk mencegah jerawat dengan menjaga pori-pori kulit bebas dari bakteri, minyak dan partikel debu lainnya. Selain itu, ini membantu memulihkan dan menyeimbangkan pH kulit Anda. 

Cara penggunaannya :
Campurkan 1 bagian Cuka apel dan 2 bagian air yang disaring dalam mangkuk. Rendam bola kapas dalam larutan ini dan oleskan pada kulit yang terkena jerawat. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi beberapa kali setiap hari selama beberapa hari. 

2. Bekerja sebagai Toner Kulit 

Cuka Apel baik untuk orang yang memiliki kulit berminyak, berkat sifat astringennya. Selain itu, itu adalah sumber yang kaya asam alfa hidroksi yang meningkatkan aliran darah ke kulit dan meminimalkan pori-pori. Plus, Cuka Apelmengatur tingkat pH kulit Anda. Campur ½ gelas setiap Cuka Apel dan air. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti minyak lavender. 

Gunakan campuran ini pada kulit Anda menggunakan bola kapas. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air dingin. Anda bisa menggunakannya sekali atau dua kali sehari. Kocok dengan baik sebelum digunakan. Jika Anda memiliki kulit normal, tambahkan 1 bagian cuka apel dan 2 bagian air untuk membuat toner kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif, cobalah menambahkan lebih banyak air ke dalam campuran (1 bagian cuka apel dan 4 bagian air) dan gunakan toner lebih jarang. Pastikan Anda melakukan uji tempel sebelum menggunakannya.

Baca jugaInilah 5 Cara Memutihkan dan Mencerahkan Kulit Secara Alami di Rumah

3. Untuk Ketombe Ketombe disebabkan oleh jamur. 

Ketombe menyebabkan serpihan kulit berminyak dan mati di kulit kepala dan rambut Anda. Hal ini dapat menyebabkan kulit kepala yang gatal, bersisik dan serpihan putih jatuh ke pakaian Anda. Cuka Apel memiliki sifat antijamur alami untuk memerangi dan mengurangi ketombe. Selain itu, membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit kepala dan membersihkan pori-pori tersumbat dan folikel rambut. Campurkan 2 sendok makan masing-masing cuka apel dan air. Tambahkan 10 hingga 15 tetes minyak aromaterapi. 

Gunakan campuran ini pada kulit kepala Anda dan pijat selama 5 menit. Biarkan selama 5 menit lagi. Bilas rambut Anda dengan air, lalu sampo seperti biasa. Gunakan perawatan alami ini 2 atau 3 kali seminggu. 

4. Menghilangkan Bau Kaki 

Bau kaki adalah masalah umum yang bisa memalukan dan tidak menyenangkan bagi Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Sifat antimikroba sari apel membantu disinfeksi kaki Anda dengan menghilangkan bakteri penyebab bau. Siapkan panci untuk merendam kaki yang didisi dengan 1 cangkir cuka apel ditambah dengan 4 hingga 5 cangkir air hangat. Rendam kaki Anda dalam larutan ini selama 10 hingga 15 menit. Terakhir, bersihkan kaki Anda dengan sabun antibakteri dan air. Gunakan perawatan rumahan ini sekali sehari selama beberapa minggu. 

5. Menjadikan rambut berkilau dan sehat 

Cuka Apel juga mempromosikan rambut yang lembut dan berkilau. Ini memiliki sifat untuk membantu menghilangkan sisa penumpukan pada rambut dan kulit kepala Anda dari sisa – sisa produk untuk di rambut dan sampo. Ini juga membantu mengembalikan tingkat pH alami kulit kepala. Siapkan bilas rambut dengan mencampur ¼ cangkir cuka apel dengan 2 gelas air. Setelah keramas, tuangkan larutan ini ke rambut Anda. Pijatkan ke kulit kepala Anda dan biarkan selama 5 menit sebelum membilasnya. Gunakan perawatan di rumah ini hanya seminggu sekali.

0 Response to "Inilah Manfaat Cuka Apel Untuk Kulit dan Kecantikan Serta Cara Pemakaiannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel