Inilah Bahaya Soda Kue Yang Perlu Anda Ketahui, Jangan Asal Pakai Soda Kue


Soda kue umumnya digunakan sebagai bahan pengembang dalam adonan kue. Namun, beberapa orang percaya bahwa soda kue dapat meningkatkan energy bila memakannya langsung. Padahal yang ada justru soda kue dapat menjadi racun bila dikonsumsi secara berlebihan.

Beberapa orang khususnya pada atlet percaya bahwa dengan mengkonsumsi soda kue sebeum melaksanakan pertandingan dapat meningkatkan stamina. Namun hal ini berbanding terbalik dengan apa yang menjadi fakta. Stamina tidak akan bertambah hanya dengan mengkonsumsi soda kue. Yang ada justru soda kue akan menyebabkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh bila di konsumsi secara tidak lazim.



Selain digunakan sebagai bahan pengembang pada adonan kue, soda kue juga sering di gunakan sebagai pengobatan dalam dunia medis. Didalam soda kue terapat kandungan sodium bikarbonat ( natrium bikarbonat ). Kandungan ini termasuk sebagai antasida yang bersifat menetralkan asam lambung dengan efektif. Oleh karena itu, soda kue sering digunakan sebagai obat nyeri pada ulu hati, sakit perut dan gangguan pencernaan lainnya. selain itu, rasa nyeri akibat naiknya asam lambung juga dapat di redakan dengan menggunakan soda kue.

Cara kerja natrium bikarbonat yang ada di dalam soda kue sama persis dengan yang dihasilkan oleh pancreas, karena pada dasaranya, pancreas manusia juga dapat menghasilkan natrium bikarbonat yang berfungsi untuk melindungi saluran usus.

Meskipun soda kue yang mengandung natrium karbonat memiliki peran dalam mengobati beberapa penyakit, dalam beberapa kondisi, soda kue juga bisa menjadi hal yang berbahaya dalam tubuh.

Jika anda memiliki riawayat penyakit gagal jantung kongestif, anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi obat – obatan atau bahan makanan yang mengandung natrium bikarbonat termasuk soda kue ini. Anda juga dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan soda kue bila anda memiliki kadar kalsium, kalium, natrium dan klorin yang tinggi. Hal ini juga termasuk bila anda memiliki Ph tubuh yang lebih tinggi dari normalnya.

Selain  itu, ibu hamil atau sedang dalam masa program kehamilan, sebaiknya anda menghindari sejenak mengkonsumsi makana yang mengandung soda kue. Hal ini dikarenakan soda kue dapat berbahaya bagi perkembangan janin dan dapat mempengaruhi masa kesuburan.

Anak dengan usia dibawah enam tahun juga dilarang untuk diberikan natrium bikarbonat baik melalui obat – obatan atau pun melalui soda kue. Kecuali dokter memang sudah memperbolehkan dan memberikan resep obat. Dokter juga tidak akan memberikan resep obat yang mengandung natrium bikarbonat pada anak bila gejala yang ditimbulkan oleh penyakitnya belum jelas bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi obat yang mengandung natrium karbonat.

Bila dikonsumsi secara tidak lazim, soda kue yang mengandung natrium bikarbonat dapat menimbulkan banyak efek negative pada tubuh kita. Diantaranya :
  • -          Kembung
  • -           Mual
  • -          Muntah
  • -          Diare
  • -          Perut bergas


Bila dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka waktu yang panjang, soda kue dapat menimbulkan gejala yang semakin serius. Diantaranya :
  • -          Memicu kejang dan kontraksi pada otot
  • -          Menyebabkan kaki dan pergelangan kaki mengalami pembengkakan
  • -          Meningkatkan tingkat Ph di dalam tbuh
  • -          Memeperburuk kodisi penyakit gagal jantung kongestif
  • -          Meningkatkan kadar natrium di dalam darah


Meskipun anda telah memiliki bukti medis, anda tetap dilarang untuk menggunakan soda kue yang mengandung natriumbikarbonat secara berlebihan. Karena efek yang dapat ditimbulkan natrium bikarbonat berbeda – beda pada setiap orang. Anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui apakah anda benar – benar membutuhkan natrium bikarbonat sebagai obat.



0 Response to "Inilah Bahaya Soda Kue Yang Perlu Anda Ketahui, Jangan Asal Pakai Soda Kue"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel