Inilah 6 Makanan Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal Anda


Ginjal adalah organ yang sangat penting. Filter alami ini membantu mengeluarkan air dan racun ekstra dari darah, menstimulasi produksi RBC, dan mengontrol tekanan darah. Tetapi sayangnya, kebanyakan dari kita menganggap organ-organ vital ini begitu saja. Menurut National Kidney Foundation, jutaan orang terkena penyakit ginjal. Selain biaya perawatan yang tinggi, rasa sakit luar biasa yang akan dialami tubuh Anda dan orang-orang yang Anda cintai tidak dapat terbayangkan. Jadi, mulailah berhati-hati sekarang. Berikut ini daftar makanan untuk menjaga kesehatan ginjal anda.


1. Air
Air adalah ramuan ajaib. Ia memiliki kekuatan untuk membawa Anda kembali ke kesehatan. Tapi jangan berlebihan. Jumlah air yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari adalah 8 gelas untuk wanita dan 13 untuk pria. Sebaiknya konsultasikan kepada dokter Anda untuk memahami berapa banyak gelas air yang harus Anda minum per hari tergantung pada kondisi ginjal dan aktivitas harian Anda.

2. Kulbis
Kulbis adalah sayuran berdaun yang dikemas dengan phytochemical. Antioksidan yang ada di dalamnya membantu mengais radikal bebas yang berbahaya di dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko kanker, penyakit kardiovaskular, dan disfungsi ginjal. Klubis kaya sumber vitamin dan mineral, tetapi bukan yang berpotensi membahayakan ginjal.

3. Bawang Merah
Bawang Merah membantu menjaga ginjal Anda berfungsi dengan baik. Bawang Merah mengandung flavonoid dan quercetin yang mencegah pengendapan bahan berlemak di dalam pembuluh darah. Quercetin adalah antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Bawang merah baik untuk ginjal dan rendah kalium. Bawang merah juga mengandung kromium yang membantu memetabolisme lemak, protein, dan karbohidrat.

4. Bawang putih

Seperti bawang merah, bawang putih memiliki bau yang menyengat. Namun, ini adalah salah satu obat herbal yang paling ampuh. Plus, itu membantu meningkatkan rasa makanan yang ditambahkan. Para peneliti telah menemukan bukti yang signifikan bahwa jus bawang putih, bersama dengan metformin (obat yang diresepkan untuk pasien diabetes tipe 2), menunjukkan efek renoprotektif, yaitu melindungi ginjal.

5. Kembang kol
Kembang kol adalah makanan super cruciferous yang ramah ginjal yang kaya akan vitamin C, folat, dan serat. Ini juga mengandung senyawa yang penting untuk hati dan menetralkan zat beracun dalam tubuh.

6. Apel
Apel kaya akan sumber vitamin, mineral, dan serat. Ia memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang membantu mengurangi kolesterol jahat, penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Karena diabetes terkait erat dengan gagal ginjal, mengonsumsi apel dapat membantu melindungi Anda dari masalah ginjal. Apel dapat dimakan mentah atau dimasak. Anda juga bisa membuat minuman yang lezat.


0 Response to "Inilah 6 Makanan Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel