Inilah 6 Gejala POLIP HIDUNG yang Perlu Anda ketahui


Polip hidung adalah sebuah kondisi dimana terdapat benjolan lunak pada jaringan mukosa hidung. Umumnya, polip hidung berbentuk seperti anggur dan menggantung. Polip hidung dapat menyebabkan udara yang terhirup menjadi terhambat dan dapat menyebabkan kesulitan bernapas. Penyakit ini biasanya terjadi pada orang dewasa dengan umur lebih dari 40 tahun. Selain itu, tercatat bahwa pria lebih banyak mengalami polip hidung dibandingkan dengan wanita.

Polip hidung disebabkan karena adanya infeksi di jaringan mukosa hidung. Mukosa merupakan lapisan tipis dan basah yang berguna untuk melembabkan udara yang di hirup. Lapisan mukosa pada hidung akan membengkak dan memerah jika terjadi peradangan atau infeksi. Polip hidung dapat terbentuk bila lapisan mukosa mengalami peradangan dalam jangka waktu yang lama.



Tumbuhnya polip hidung juga dapat di sebabkan oleh beberapa factor. Salah satunya berkaitan dengan adanya beberapa penyakit pernapasan. Diantaranya :

-          Fibrosis kistik
-          Sinusitis kronis
-          Asma
-         Kelainan pada pembuluh darah di hidung
-         Aleri obat inflamasi non steroid ( OAINS )

Pada beberapa kasus, polip hidung juga dapat disebabkan karena factor keturunan. Jaringan pada hidung seseorang bisa saja lebih sensitive sehingga lebih mudah terkena peradangan dan polip hidung pun semakin mudah muncul.

Polip hidung tidak akan menunjukan gejala yang terlihat pada tahap awal. Hal ini dikarenakan polip hidung masih berukuran kecil dan tidak terlalu terlihar. Lama kelamaan ukuran polip hidung akan semakin membesar dan dapat menyebabkan beberapa gejala berikut ini.

1.       Bersin – bersin
Ciri geja;a paling umum yang di timbulkan oleh polip hidung adalah bersin – bersin dalam jangka waktu yang lama. Hal ini disebabkan karena adanya peradangan pada lapisan hidung yang memicu hidung menjadi gatal.

2.       Kemampuan Indera Penciuman Menurun
Polip hidung dapat menyebabkan saraf sensorik di dalam hidung tidak dapat menerima rangsangan dengan baik dari udara yang terhirup. Sehingga kemampuan indera penciuman pada penderita polip hidung umumnya akan berkurang. Setidaknya terdapat 75% penderita polip hidung yang merasakan gangguan pada indera penciumannya.

3.       Berkurangnya Ketajaman Indera Perasa
Indera penciuman dan indera perasa memiliki keterkaitan satu sama lain. Bila indera penciuman mengalami penurunan fungsi, maka secara otomatis indera perasa juga akan mengalami hal yang sama.

4.       Mendengkur
Polip hidung yang sudah membesar akan menggangu aliran udara yang masuk kedalam saluran pernapasan. Hal ini menyebabkan langir – langit lunak pada mulut dan anak tekak akan mengalami getaran dan menimbulkan suara mendengkur. Suara mendengkur yang di hasilkan akan semakin nyaring bila ukuran polip hidung juga ikut membesar. Lama kelamaan, kondisi ini dapat menyebabkan gangguan tidur yang di namakan sleep apnea.

5.       Sakit Kepala dan Wajah
Polip hidung juga dapat menyebabkan sumbatan pada rongga sinus, sehingga terjadi infeksi atau peradangan sinus. Hal ini dapat menyebabkan tekanan dan rasa nyeri yang akan anda rasakan di kepala atau sekitaran wajah.

6.       Hidung Tersumbat
Salah satu gejala yang paling umum terjadi pada polip hidung adalah adanya hidung tersumbat. Polip yang telah tumbuh dan menghalangi saluran udara, akan menimbulkan banyak gangguan pernapasan. Namun, tidak semua kondisi hidung tersumbat merupakan gejala dari polip hidung. Umumnya, kondisi hidung tersumbat yang di sebabkan oleh polip hidung akan bertahan hingga lebih dari 12 minggu dan akan semakin memburuk di tiap minggunya.



0 Response to "Inilah 6 Gejala POLIP HIDUNG yang Perlu Anda ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel