Inilah 5 Cara Alami untuk Mengatasi Nyeri Neuropati Diabetik

Jutaan orang menderita diabetes. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, jumlah penderita diabetes telah meningkat dari 108 juta pada tahun 1980 menjadi 422 juta pada tahun 2014. WHO juga memproyeksikan bahwa diabetes akan menjadi penyebab kematian ketujuh di tahun 2030. Diabetes dianggap sebagai penyakit mematikan yang tidak dapat dicegah, gula darah tinggi dapat mempengaruhi bagian tubuh yang berbeda dan dapat menyebabkan komplikasi yang berbeda. Salah satu komplikasi kesehatan umum yang terkait dengan diabetes adalah neuropati diabetes. 

Neuropati diabetik adalah hasil dari kerusakan saraf yang disebabkan oleh efek racun dari gula darah tinggi dan sirkulasi darah yang buruk. Bahkan, gula darah tinggi secara konsisten dapat menyebabkan kerusakan pada saraf yang mengirim sinyal dari tangan dan kaki Anda. Karena neuropati diabetik, Anda dapat mengalami mati rasa atau kesemutan di jari-jari, jari-jari kaki, tangan, dan kaki Anda. Gejala lainnya adalah rasa sakit yang membakar, tajam, atau sakit. Sementara rasa sakit mungkin ringan di awal, bisa lebih buruk dengan waktu dan menyebar ke area tubuh lainnya. 




Sebuah studi 2010 oleh American Family Physician melaporkan bahwa nyeri neuropatik perifer diabetik mempengaruhi fungsi, suasana hati, dan pola tidur sekitar 10 hingga 20 persen pasien dengan diabetes mellitus. Jika Anda menderita nyeri saraf diabetik, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memantau kadar glukosa darah Anda. Akan ada perbaikan otomatis dalam kondisi saraf dan rasa sakit saat kadar glukosa darah Anda terkendali. Pada saat yang sama, Anda dapat mencoba beberapa perubahan gaya hidup dan pengobatan rumah untuk membantu mengatasi rasa sakit. 


Berikut adalah 5 Tips yang dapat Anda lakukan dirumah untuk mengobati nyeri saraf diabetik: 

1. Mandi Air Hangat 

Salah satu pengobatan rumah alami yang paling mudah untuk mendapatkan bantuan dari nyeri saraf diabetes adalah mandi air hangat. Panas memberikan kenyamanan dan membantu proses penyembuhan, karena meningkatkan sirkulasi darah ke lokasi syaraf yang rusak. Selain itu, mandi air hangat membuat Anda menghilangkan stres dan merasa santai. Nikmati mandi air hangat, dua kali sehari selama 20 menit. Untuk manfaat tambahan, Anda dapat menempatkan 1 cangkir garam Epsom di air mandi Anda, sekali atau dua kali seminggu. 


2. Coba Capsaicin Cream 

Capsaicin memiliki sifat analgesik dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi nyeri saraf akibat diabetes.Ketika diaplikasikan secara topikal, krim capsaicin menghasilkan sensasi hangat yang membantu mengurangi rasa sakit. Dalam sebuah studi klinis 2002 yang diterbitkan peneliti Acta Diabetologica menemukan bahwa ketika capsaicin topikal diaplikasikan pada kaki pasien dengan gejala neuropati diabetes, capsaicin membantu memperbaiki gejala, termasuk ambang batas persepsi nyeri. 

Ada krim capsaicin topikal penghilang rasa sakit yang dijual bebas yang tersedia dalam konsentrasi mulai dari 0,025 persen hingga 0,075 persen capsaicin. Yang perlu Anda lakukan adalah mengoleskan krim ke area yang terkena nyeri, 2-3 kali sehari. Namun, pastikan untuk tidak mengaplikasikan krim capsaicin pada kulit yang rusak atau teriritasi.

3. Olah Raga Secara teratur

Untuk mengatasi nyeri saraf diabetik, olahraga teratur adalah suatu keharusan. Berolahraga membantu meningkatkan aliran darah ke saraf yang rusak dan membantu menyehatkan saraf yang rusak kembali ke kondisi normal. Berolahraga juga membantu menurunkan gula darah, meningkatkan tingkat toleransi Anda untuk nyeri saraf dan mengendalikan diabetes Anda. 


Sebuah studi 2015 yang diterbitkan di Pain Medicine menemukan bahwa gangguan nyeri yang dirasakan dapat dikurangi setelah intervensi latihan aerobik di antara orang-orang dengan Neuropati Peripheral Diabetic yang menyakitkan, tanpa perubahan dalam intensitas nyeri. Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes dan Complications pada tahun 2017 melaporkan perbaikan pada neuropathic dan serat saraf kulit yang bersumber dari latihan yang diawasi pada orang-orang dengan neuropati perifer diabetik. Untuk mendapatkan manfaat olahraga, Anda tidak perlu bergabung dengan pusat kebugaran dan memilih latihan rutin yang ketat. Anda dapat memilih untuk berjalan atau berenang. 

4. Minum Teh Jahe 

Jahe telah digunakan sebagai terapi herbal dalam pengobatan Cina dan India selama berabad-abad untuk membantu menghilangkan rasa sakit. Zat anti-inflamasi yang kuat yang dikenal sebagai gingerol, menjadikannya sebagai obat yang efektif untuk mendapatkan kenyamanan untuk nyeri saraf diabetes. Bahkan dapat meningkatkan mobilitas di antara mereka yang menderita sakit kronis. Jahe juga membantu mengatur kadar gula darah. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Penelitian Farmasi Iran pada tahun 2015 melaporkan bahwa suplemen bubuk jahe dapat membantu meningkatkan gula darah puasa. Dalam studi ini, peserta diberi 2 gram jahe setiap hari selama 12 minggu dan itu membantu mengalami tingkat hemoglobin A1c yang lebih rendah, apolipoprotein B, apolipoprotein A-1 dan malondialdehid. Cobalah minum 2–3 cangkir teh jahe setiap hari. Untuk membuat teh, rebus secangkir air dan tambahkan 1 sendok makan irisan jahe cincang ke dalamnya. Diamkan selama 5-10 menit dan teh Anda sudah siap. Juga, ambil suplemen jahe tetapi hanya setelah berkonsultasi dengan dokter Anda. 

5. Pijat 

Nyeri saraf diabetik dapat diatasi dengan terapi pijat sederhana. Memijat lembut di sepanjang sisi dan sisi area yang terkena akan membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membantu penyembuhan syaraf yang rusak. Pijat bahkan membantu dalam meningkatkan berbagai gerakan. Sebuah studi tahun 2001 yang diterbitkan di Diabetes Spectrum menunjukkan bahwa pijat dapat memiliki efek positif pada kadar glukosa darah dan gejala neuropati diabetik. 

Studi lain 2017 yang diterbitkan dalam Journal of Nursing Scholarship melaporkan bahwa pijat aromaterapi merupakan intervensi keperawatan non-farmakologis yang sederhana dan efektif yang dapat digunakan untuk menangani nyeri neuropatik dan meningkatkan kualitas hidup pada pasien dengan neuropati yang menyakitkan. Oleskan minyak zaitun atau kelapa pada daerah yang terkena. Pijat area dengan gerakan panjang dan lembut selama 5 hingga 10 menit. Setelah pijatan, bungkus area dengan handuk hangat. Lakukan beberapa kali sehari.

0 Response to "Inilah 5 Cara Alami untuk Mengatasi Nyeri Neuropati Diabetik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel