Inilah 4 MANFAAT BUNGA ROSELLA untuk Kesehatan


Tanaman rosella  merupakan tanaman tropis yang banyak ditemukan di benua afrika. Namun, kini tanaman rosella sudah menjadi tanaman yang dapat di temukan di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Bentuknya yang indah dan aromanya yang harum serta warna yang memikat, membuat rosella banyak di tanam sebagai tanaman hias.

Namun, rosella tidak hanya di manfaatkan sebagai tanaman hias saja. Bunga ini juga sering di manfaatkan sebagai bahan membuat teh herbal. Selain nikmat dan dapat menenangkan pikiran, teh herba yang dibuat dari rosella juga memiliki banyak manfaat.



Didalam rosella, terdapat banyak kandugan vitamin seperti Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, dan Vitamin C. Selain itu, rosella juga memiliki banyak kandungan nutrisi lain di dalamnya seperti natrium, kalium, fosfor, magnesium, kalsium dan zat besi. Dengan banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam rosella, pastinya membuat bunga ini memiliki banyak manfaat bila anda mengkonsumsinya dengan teh herbal.

Berbagai manfaat yang bisa kalian dapatkan dalam teh herbal rosella diantaranya :
1.      Mencegah Obesitas
Ekstrak dari bunga rosella dipercaya memiliki pengaruh terhadap system metabolism tubuh. Dengan ruitn mengkonsumsi rosella dipercaya dapat melindungi organ hati dari penumpukan lemak dan dapat mencegah obesitas. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut memastikan hal ini.

2.      Menurunkan Kadar Kolesterol
Sebuah studi menunjukan bahwa dengan rutin mengkonsumsi teh rosella, dapat menurunkan kadar kolesterol pada penderita diabetes. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut yang dapat membuktikan khasiat dari rosella yang satu ini.

3.      Mencegah Kanker
Rosella juga dipercaya oleh msayrakat Indonesia dapat mencegah tubuh kita terkena kanker. Hal ini di karenakan terdapat kandungan senyawa antioksidan bernama Anthocyanin didalam rosella. Senyawa ini sangat efektif untuk mencegah sel kanker tumbuh di dalam tubuh.

4.      Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Meskipun tidak terlalu efektif dalam menurunkan tekanan darah, namun teh herbal rosella cukup efektif dalam pencegahan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian menunjukan, bahwa dengan mengkonsumsi rosella sebagai teh herbal, dapat memberikan manfaat yang sama dengan meminum obat captopril yang biasa di berikan pada penderita hipertensi oleh dokter. Namun, masih dilakukan penelitian lebih lanjut guna menjelaskan hal ini.

Selain itu, teh rosella juga dipercaya memiliki banyak manfaat lain oleh masyarakat seperti menyembuhkan sembelit, meredakan iritasi pada lambung, dan meningkatkan selera makan. Rosella juga dipercaya dapat melindugi organ dalam system pencernaan dari penyakit berbahaya.

Bunga rosella juga memiliki efek samping bila diminum secara berlebihan. Rosella kemungkinan dapat menurunkan tekanan darah manusia. Oleh karena itu, bagi kalian yang memiliki penyakit tekanan darah rendah, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi bunga ini karena dikhawatirkan akan memperburuk kondisi anda. Selain itu, bagi anda yang ingin melakukan operasi bedah juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi bunga ini. Hal ini dikarenakan rosella dapat memperngaruhi tingkat gula darah. Anda di anjurkan untuk berhenti mengkonsumsi teh herbal rosella 2 minggu sebelum melakukan operasi agar darah tidak sulit diberhentikan usai pembedahan.

Selain itu, bunga rosella juga belum dapat dipastikan keamanananya untuk ibu hamil dan menyusui. Kemungkinan besar rosella dapat menyebabakn menstruasi dan keguguran pada ibu hamil. Namun, belum ada penelitian yang dilakukan untuk membuktikan mitos yang bunga rosella yang satu ini. Oleh karena itu, anda di sarankan untuk menghindari rosella bila anda sedang dalam masa hamil atau menyusui.



0 Response to "Inilah 4 MANFAAT BUNGA ROSELLA untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel