Inilah 5 MANFAAT BUAH ANGGUR untuk Kesehatan - infosehatanda.com


Anggur merupakan buah yang dapat tumbuh di daerah dataran tinggi. Buah ini dapat disajikan dalam bentuk utuh ataupun di olah terlebih dahulu ke dalam bentuk jus, minuman, selai, jelly, kismis, cuka, minyak biji anggur, atau dalam bentuk ekstrak. Rasanya yang manis dan segar menjadi alasan mengapa buah ini sangatdi gemari oleh banyak orang.

Baik buah anggur merah, hitam, maupun hijau, akan terasa manis bila sudah matang. Selain itu, anggur juga memiliki banyak kandungan air di dalamnya yang membuat buah ini semakin nikmat. Bukan hanya nikmat, buah anggur juga di gemari banyak orang karena memiliki banyka manfaat yang baik untuk tubuh.



Didalam buah anggur, terkandung berbagai macam vitamin dan mineral yang dapat memberikan manfaat pada tubuh. Selain itu, anggur juga kaya akan kandungan polifenol di dalamnya. Polifenol adalah senyawa yang dapat memberikan warna cerah pada buah. Kandungan didalam buah anggur juga berfungsi sebagai anti oksidan yang dapat mencegah masuknya radikal bebas kedalam tubuh.

Anggur juga memiliki banyak manfaat lain yang berguna untuk tubuh kita. Diantaranya :

1.      Mencegah kanker
Buah anggur dapat membantu memperlambat dan mencegah munculnya berbagai jenis kanker. Beberapa jenis kanker seperti kanker paru – paru, faring, mulut, endometrium, usus besar, prostat dan pancreas juga dapat di cegah dengan cara rutin mengkonsumsi anggur. Hal ini dikarenakan kandungan polifenol yang ada di dalam kulit anggur. Kandungan ini, dipercaya dapat mencegah terjadinya mutasi genetic yang dapat menyebabkan munculnya sel kanker.

2.      Menurunkan Tekanan DarahTinggi
Buah anggur memiliki banyak kandungan flavonoid didalamnya. Kandungan ini berguna menurunkan tekana darah yang terlalu tinggi. Selain itu, kandungan kalium yang ada didalam buah anggur juga tergolong tinggi. Kandungan kalium yang ada di dalam anggur dapat membantu menghilangkan efek natrium dalam tubuh dan dapat mengurangi tekanan dalam darah.

3.      Menjaga kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah
Kandungan polifenol yang ada didalam anggur juga dapat mencegah berbagi macam penyakit kardiovaskular. Selain itu, kandungan polifenol yang ada di dalam anggur juga dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh. Polifenol juga memiliki efek antiiflamasi pada dinding pembuluh darah yang dapat menurunkan kenanan darah dan mengurangi resiko terjadinya pengerasan pada dinding pembuluh darah arteri ( aterosklerosis ), mencegah penumpukan platelet ( anti platelet ), dan menunjang fungsi endotel.
Didalam anggur juga terkandung flavonoid yang dapat melindungi tubuh yang dari kerusakan yang di akibatkan oleh LDL atau kadar kolesterol jahat. Hal ini juga sudah di uji coba dalam penelitian terhadap hewan.

4.      Mencegah Diabetes
Sebuah penelitian menunjukan bahwa resiko diabetes tipe2 dapat dikurangi sebesar 7 % dengan cara rutin mengkonsumsi tiga porsi anggur, pir, bluberry, kismis, dan apr setiap minggu. Anggur juga merupakan buah yang memiiki kandungan anti osidan tinggi sehinga baik untuk dikonsumsi pada penderita diabetes.

5.      Memperlambat penuaan
Satu lagi manfaat yang bisa kalian dapatkan dari buah anggur adalah mencegah penyakit degenerative, membantu sel hidup lebih lama, dan mengaktifkan gen panjang usia. Hal ini dikarenakan anggur memiliki kandungan resveratrol yang tergolong tinggi. Anggur juga memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda seperti asam lemak esensial linolenat yang berfungsi untuk melindungi kulit dari peradangan dan kerusakan yang diakibatkan baik dari matahari maupun dari radikal bebas.




0 Response to "Inilah 5 MANFAAT BUAH ANGGUR untuk Kesehatan - infosehatanda.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel