Inilah 3 Gejala Kelebihan Asam Urat dalam Tubuh Anda dan Bahayanya bagi tubuh


Ketika ada terlalu banyak asam urat dalam tubuh Anda, keseimbangan pH Anda bergerak ke sisi "asam" dari skala, dan ini dapat menyebabkan semua jenis masalah. Asam urat terbentuk ketika tubuh memecah purin, yang merupakan zat dalam jaringan manusia dan makanan tertentu yang kita makan. Biasanya, asam urat larut dalam darah dan bergerak melalui ginjal di mana ia kemudian keluar dari tubuh melalui urin.


Ketika ginjal tidak menyingkirkan asam urat seperti yang seharusnya, atau ada terlalu banyak asam urat dalam tubuh karena makanan tinggi purin, asam urat dalam tubuh mulai mengkristal. Asam urat yang terkristal ini dapat berakhir di ginjal dalam bentuk batu ginjal, atau di persendian yang menyebabkan penyakit asam urat.

 Ada 3 gejala paling umum dari kadar asam urat tinggi dalam tubuh yaitu :

1.    Gejala Persendian

Terlalu banyak asam urat di dalam tubuh menyebabkan gejala sendi dalam bentuk gout, yang meliputi rasa sakit, peradangan, pembengkakan, dan kemerahan ketika disentuh. Banyak orang juga mengatakan bahwa sendi terasa "panas".

Sendi yang Terkena Dampak

Salah satu area yang paling umum terkena gout adalah jempol kaki Anda. Hal ini juga tidak biasa untuk mempengaruhi tumit, pergelangan kaki, lutut, jari, pergelangan tangan, dan siku. Sering dapat dialami dalam satu sendi, dan kemudian setelah itu di dua atau lebih sendi yang berbeda.

Durasi Gejala Bersama

Setelah gejala dimulai, biasanya diperlukan sekitar 12 hingga 24 jam untuk rasa sakit di sendi ke puncak, dimana setelah itu mungkin menjadi tidak nyaman selama beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu. Ketika mereka menjadi lebih sering, rasa sakit atau ketidaknyamanan mereka dapat bertahan lebih lama. Jika tidak dirawat, kerusakan pada sendi bisa menjadi permanen.

2.    Gejala Kulit

Setelah beberapa tahun kadar asam urat terus berlanjut dan serangan asam urat, asam urat yang terkristal dapat membentuk benjolan di bawah kulit. Mereka disebut tophi dan biasanya tidak menyakitkan. Mereka umumnya terbentuk di jari-jari tangan, jari kaki, siku, dan tangan. Ketika mengalami serangan asam urat, tophi mungkin menjadi bengkak dan lunak.

3.    Gejala Ginjal

Seperti disebutkan, asam urat di ginjal atau saluran kemih dapat berkembang menjadi batu ginjal. Mereka biasanya lebih umum di antara laki-laki, dan mereka dapat menyebabkan berbagai gejala seperti sakit punggung, nyeri di perut, sakit parah di daerah selangkangan, demam tinggi, menggigil kedinginan, mual dan muntah, dan darah dalam urin.


Mengapa kadar asamurat terlalu tinggi?

Ini terjadi melalui salah satu - atau kombinasi - dua hal:
1.    Tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat.
2.    Ginjal tidak mengeluarkannya cukup cepat.

Apa bahaya bila asam urat yang tinggi?

Kadar asam urat yang tinggi menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk: Penyakit jantung, Batu ginjal, Gagal ginjal, Tekanan darah tinggi dan Encok.

0 Response to "Inilah 3 Gejala Kelebihan Asam Urat dalam Tubuh Anda dan Bahayanya bagi tubuh "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel