Ini Dia Dampak Buruk Penggunaan HP yang perlu anda ketahui dan Bagaimana Cara Mengatasinya


Kita hidup di era dimana HP atau Smartphone sangat di butuhkan. Bahkan beberapa orang tidak bisa hidup tanpa adanya smartphone dan menggantungkan smartphone menjadi kebutuhan primer. Hal ini juga mendorong produktivitas perusahaan pembuat smartphone yang terus meningkatkan jumlah produksinya.

Smartphone memang kita akui sebagai salah satu terknologi “ masa depan “ yang sangat membantu kehidupan sehari – hari. Bukan hanya sekedar untuk alat berkomunikasi, smartphone kini sering kita gunakan sebagai media membaca berita, browsing, mendengarkan music, alat untuk menghibur diri, mencari resep masakan, hingga mencari lahan pekerjaan.

Namun, di sisi lain smartphone juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan baik fisik maupun social kita. Radiasi yang dihasilkan oleh HP khususnya yang berjenis Smartphone, dicurigai dapat memicu tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

HP dapat mengelurakan energy berjenis elektromagnetik, dimana energy ini masuk kedalam energy berjenis non pengion. Radiasi elektromagnetik yang dihasilkan HP juga sama dengan energy elektromagnetik yang dihasilkan oleh Tv dan radio. Tubuh manusia akan menyerap energy elektromagentik. Banyaknya tingkat pemakai HP dan tingginya waktu pemakaian juga dapat meningkatkan radiasi yang dihasilkan oleh HP.

Belum ada bukti ilmiah yang dapat menunjukan bahwa paparan terhadap radiasi elektromagnetik dari HP dapat meningkatkan resiko kanker. Efek dari paparan elektromegnetik yang sudah dapat dibuktikan hanyalah adanya peningkatan pada beberapa bagian tubuh seperti kepala dan telinga. Seberapa tingi peningkatan suhu tubuh yang disebabkan oleh radiasi elektromagnetik juga belum dapat di pastikan.

Terdapat sebuah penelitian yang ingin membuktikan bahwa radiasi yang dihasilkan HP dapat memicu tumbuhnya tumor pada otak. Sekumpulan kelompok penelitina menunjukan bahwa resiko timbulnya tumor otak dapat meningkat pada sisi kepala yang sering digunakan untuk menelpon. Namun, sulit unutk membuktikan kebenaran hal ini karena terdapat penelitian yang sama namun memunculkan hasil yang berbeda.

Beberapa penelitian lain menunjukan bahwa resiko tumor otak glioma dapat meningkat pada sebagian pengguna HP dengan waktu pemakaian yang berlebihan. Namun, hal ini tidak menunjukan angka peningkatan resiko secara umum.

Sebagian peneliti juga mencurigai adanya resiko yang lebih tinggi pada anak – anak dari radiasi elektromagnetik yang dihasilkan HP. Hal in di karenakan penyerapan radiasi pada anak lebih tinggi dibandingkan pada orang dewasa. Beberapa factor seperti jaringan otak, tengkorak kepala, dan ukuran tubuh di duga menjadi penyebabnya. Hal ini juga berlaku pada janin yang sangat rentan pada paparan radiasi elektromagnetik yang dihasilkan oleh HP.

Hingga kini, penelitian mengenai bahaya paparan radiasi gelombang elektromagnetik yang di hasilkan oleh HP masih terus di lakukan. Meskipun belum ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa radiasi elektromagnetik bisa memicu kanker otak, namun ada baiknya kalian menghindari pemakaian HP khususnya smartphone yang berlebihan.  

Beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar terhindar dari pemakaian smartphoneyang berlebihan diantaranya :
1.       Hindari pemakaian smartphone pada waktu 30 menit sebelum tidur dan 30 menit setelah bangun tidur
2.       Perbanyak sosialisasi diluar rumah
3.       Jangan lupa tidur akibat smartphone
4.       Buat batasan waktu penggunaan smartphone khususnya pada anak
5.       Gunakan ponsel dengan fitur yang standart
6.       Buatlah jadwal “ waktu bebas smartphone “ dimana tidak ada pemakaian smartphone sama sekali
7.       Biasakan untuk menggunakan jam waker sebagai alarm dibandingkan smartphone sebagai alarm
8.       Perbanyak olahraga yang memakan waktu
9.       Matikan notifikasi dari apikasi social media yang kurang penting


0 Response to "Ini Dia Dampak Buruk Penggunaan HP yang perlu anda ketahui dan Bagaimana Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel