4 Gejala Utama Asam Urat dan Penyebab Asam Urat


Asam urat atau gout merupakan salah satu jenis artritis yang umum terjadi yang dapat menyebabkan rasa sakit, bengkak atau inflamasi, dan kaku pada sendi. Asam Urat biasanya menyerang pada sendi di jempol kaki. Serangan asam urat bisa terjadi dengan cepat dan dapat kembali sewaktu waktu, secara perlahan dapat merusak jaringan di daerah yang mengalami peradangan.

Asam urat merupakan bentuk arthritis inflamasi yang paling umum terjadi pada pria, meskipun pada wanita juga dapat diserang terutama setelah mengalami menopause. Serangan asam urat bisa terjadi secara tiba-tiba, sering terjadi pada malam hari dengan sensasi jempol kaki terasa terbakar.

GEJALA UTAMA ASAM URAT

Gejala asam urat hampir selalu terjadi secara tiba-tiba, dan sering terjadi di malam hari.

Berikut ini 4 Gejala Utama dari Asam Urat :

1.      Nyeri sendi yang intens.
Asam urat biasanya mempengaruhi sendi terutama di jempol kaki, tetapi bisa terjadi juga pada sendi dimanapun. Sendi lain yang sering terkena asam urat antara lain pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan dan jari. Rasa sakitnya kemungkinan paling parah dalam 4 sampai 12 jam pertama setelah dimulai.
2.      Rasa Tidak Nyaman.
Setelah rasa sakit yang paling parah mereda, rasa tidak nyaman bisa berlangsung beberapa hari sampai beberapa minggu. Serangan selanjutnya cenderung bertahan lebih lama dan mempengaruhi lebih banyak persendian.
3.      Peradangan dan kemerahan.
Sendi yang terkena asam urat akan menjadi bengkak, terasa panas dan kemerahan.
4.      Terbatasnya Aktivitas gerak.
Selama asam urat berlangsung, mungkin akan mengganggu aktivitas gerak dikarenakan akan mengalami kesusahan saat akan memindahkan sendi secara normal.

PENYEBAB ASAM URAT

Asam urat atau gout dapat terjadi ketika kristal urat terkumpul atau terakumulasi di titik - titik persendian, yang dapat menyebabkan peradangan dan rasa sakit hebat akibat serangan asam urat terjadi. Tubuh seseorang dapat menghasilkan asam urat saat memecah purin - zat yang ditemukan secara alami di tubuh. Purin juga ditemukan pada makanan tertentu, seperti kacang – kacangan, jerohan. Makanan lain juga dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat, seperti minuman beralkohol, terutama bir, dan minuman dengan pemanis buatan (fruktosa).

Biasanya, asam urat larut dalam darah dan melewati ginjal lalu menuju ke dalam urin. Tapi terkadang bila tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau ginjal seseorang mengeluarkan terlalu sedikit asam urat maka asam urat bisa terbentuk, membentuk kristal urat yang tajam dan serempak di jaringan sendi atau sekitarnya yang menyebabkan rasa sakit, dan pembengkakan





0 Response to "4 Gejala Utama Asam Urat dan Penyebab Asam Urat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel